Ketentuan Layanan
Ketentuan Layanan berikut untuk semua Pelanggan yang menggunakan Layanan dari LUNANET
Ketentuan Layanan
(Terms of Services)
Pendahuluan
Ketentuan Layanan (Terms of Services) merupakan hal utama dalam hubungan Pelanggan dengan LUNANET. Dengan menggunakan layanan LUNANET atau PT Luna Media Solusi Pelanggan setuju terhadap seluruh Syarat dan Ketentuan Layanan yang tertera pada dokumen ini.
Layanan disediakan untuk perorangan atau organisasi resmi (dalam dokumen ini disebutkan sebagai “Pelanggan atau Subscriber). Dengan menggunakan Layanan LUNANET, Pelanggan setuju untuk mematuhi seluruh Ketentuan Layanan. Jika Pelanggan tidak setuju untuk mematuhi Ketentuan Layanan, Pelanggan diharuskan untuk membatalkan Akun Pelanggan secepatnya dan tidak diperkenankan menggunakan atau mencoba menggunakan Layanan LUNANET.
Pelanggan dan pengguna Layanan yang disediakan oleh LUNANET harus menerima Syarat dan Ketentuan Layanan (Terms of Service) yang ditetapkan di bawah ini:
- Pelanggan akan menjamin dan membuat LUNANET tetap terjamin dan tidak membahayakan LUNANET dari dan terhadap pelanggaran Pelanggan pada klaim apapun yang diajukan kepada LUNANET oleh pihak ketiga sebagai akibat penyediaan Layanan kepada Pelanggan oleh LUNANET dan penggunaan Pelanggan terhadap Layanan.
- Jika Pelanggan melanggar suatu Ketentuan Layanan dan Pelanggan tidak dapat mengubahnya dalam tujuh (7) hari setelah pemberitahuan tertulis dari LUNANET tentang penetapan pelanggaran, LUNANET dapat menghentikan layanan yang digunakan oleh Pelanggan dalam waktu segera.
- Jika Pelanggan adalah sebuah perusahaan dan jatuh ke dalam kondisi likuidasi karena pailit, memperoleh penunjukan dari administrator, penerima administratif, atau memasuki kondisi rencana sukarela dengan para kreditur Pelanggan, LUNANET berhak untuk menghentikan Perjanjian ini segera.
- Pada penghentian Perjanjian ini atau penangguhan Layanan, LUNANET berhak untuk segera memblokir (membekukan) situs web Pelanggan dan menghapus semua data di dalamnya dan atau menyimpan data tersebut untuk periode tertentu sesuai dengan batas waktu yang telah LUNANET tentukan, agar memberi kesempatan Pelanggan mengumpulkan kembali data-data tersebut dengan biaya Pelanggan, tergantung dari pembayaran penuh jumlah yang dapat dibayarkan kepadaLUNANET.
Client Area
Pelanggan dapat melakukan pendaftaran dan pemesanan layanan LUNANET pada Client Area (di website: https://my.lunanet.id). Dan pelanggan telah menyadari dan sepakat bahwa seluruh data yang diberikan pada Client Area ialah sah dan benar. Data pelanggan yang telah di masukkan dan pemesanan layanan pada Client Area akan disebut sebagai Akun Pelanggan.
Cakupan
Jika Pelanggan adalah Pelanggan perorangan, Ketentuan Layanan ini berlaku untuk semua orang yang mendapatkan akses melalui Akun Pelanggan. Jika Pelanggan adalah Pelanggan organisasi, Ketentuan Layanan ini berlaku untuk seluruh karyawan, agen-agen, maupun customer. Dengan kata lain, pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan oleh seseorang yang menggunakan Akun Pelanggan akan dianggap sebagai pelanggaran oleh Pelanggan.
Jangka Waktu
Layanan ini tersedia selama Pelanggan menggunakannya, juga LUNANET berhak untuk menghentikan layanan, apabila Pelanggan menggunakannya dengan cara yang melanggar persyaratan penggunaan.
Ketentuan Umum
Tanggung Jawab
- Untuk semua kegiatan atau informasi yang berhubungan dengan pihak ketiga dan pihak lainnya yang ditunjuk oleh Pelanggan, tidak menjadi tanggung jawab LUNANET dan dapat diselesaikan oleh pihak yang bersangkutan.
- Pelanggan bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan Layanan Pelanggan sendiri. Selain informasi, produk, atau layanan yang disediakan oleh LUNANET, baik LUNANET maupun afiliasinya tidak mengendalikan, tidak menyediakan, tidak menjalankan, atau dalam cara apapun tidak bertanggung jawab terhadap seluruh informasi, produk, atau layanan yang dapat diakses melalui Layanan Pelanggan.
- LUNANET tidak mendukung maupun bertanggung jawab terhadap akurasi konten dari pihak ketiga, dan Pelanggan setuju bahwa LUNANET tidak bertanggung jawab untuk segala kerugian atau kerusakan yang disebabkan karena penggunaan Pelanggan atas kepercayaan terhadap konten tersebut. Pelanggan memiliki tanggung jawab terhadap informasi atau konten yang Pelanggan posting ke situs atau newsgroup di internet, termasuk namun tidak terbatas pada posting ke situs web baik yang berada di perangkat LUNANET maupun tidak, posting ke newsgroup, dan partisipasi di sesi chat online manapun. Pelanggan setuju untuk menanggung kerugian dan menjaga LUNANET dan seluruh karyawannya, dan pelanggan lain terhadap klaim, kerugian, biaya, tanggung jawab, kerusakan, atau biaya yang timbul dari posting Pelanggan.
- Melanjutkan identifikasi spesifik pada konten yang diduga melanggar dan di layanan LUNANET tempat konten itu ditemukan. Setelah menerima pemberitahuan tertulis, LUNANET secepatnya akan menghapus atau memblokir akses konten yang diduga melanggar dan memberikan pemberitahuan kepada bersangkutan yang melakukan posting konten tersebut. Jika LUNANET menerima pemberitahuan dari bersangkutan tersebut yang menunjukkan bahwa pengaduan pelanggaran terjadi karena kesalahan atau salah identifikasi, maka LUNANET akan mengirim Pelanggan salinan pemberitahuan tersebut. Kecuali Pelanggan memberitahukan LUNANET tindakan pengadilan yang sesuai untuk menahan tuduhan pelanggaran, maka konten tersebut akan dikembalikan atau dengan kebijakan, bisa diakses kembali.
- Pelanggan setuju bahwa, jika Pelanggan menggunakan Layanan untuk mengirim atau menerima komunikasi suara, LUNANET tidak bertindak sebagai perusahaan kurir telekomunikasi atau perusahaan telepon, sehingga tidak ada representasi yang dibuat LUNANET mengenai kesesuaian Layanan untuk penggunaan suara tersebut, dan bahwa semua resiko sambungan, kualitas transmisi, dan ketepatan komunikasi adalah semata-mata tanggung jawab Pelanggan, dan bahwa LUNANET tidak bertanggung jawab untuk setiap bentuk kegagalan atau kurangnya kualitas penggunaan Layanan tersebut.
- Pelanggan setuju untuk bertanggung jawab terhadap segala kerusakan atau hilangnya layanan yang membahayakan LUNANET sebagai akibat dari spamming atau pelanggaran lain. Kerusakan ini termasuk, namun tidak terbatas pada, sistem shutdown, serangan balasan atau pembanjiran data, dan hilangnya susunan peering. Pelanggan setuju bawah LUNANET dapat mengajukan klaim melawan Pelanggan di pengadilan.
Data atau Konten
- Data atau Konten pada bagian ini merupakan Data atau Konten yang di unggah atau posting oleh Pelanggan pada layanan LUNANET dan merupakan tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya.
- Semua layanan yang disediakan oleh LUNANET digunakan untuk tujuan yang sah menurut hukum.
- Semua Data atau Konten atau link yang mengandung muatan kontroversial, muatan seksual eksplisit, atau konten lain yang mungkin bersifat ofensif bagi Pelanggan atau pengguna, makan akan menjadi tanggung jawab Pelanggan.
- Semua konten atau link yang melanggar hukum tidak diperkenankan termasuk pelanggaran hak cipta, merek dagang, ujaran kebencian, phising, SARA, pornografi, prostitusi online, human trafficking, perjudian, penipuan dan pelanggaran sejenis.
- Semua isi yang dapat mengganggu kinerja layanan LUNANET tidak diperkenankan.
- Setiap script yang berbentuk phising akan langsung dilakukan penghapusan (Terminated)..
- Domain yang dipergunakan untuk kegiatan Phising akan dilakukan penghapusan atau status domain akan diubah menjadi Fraud.
Email dan Spam
- LUNANET tidak bertanggung jawab atas email yang dapat menimbulkan kebencian, email yang dikirim berulang-ulang (mail bomb) dan spam.
- LUNANET tidak memberikan toleransi atas email yang dapat menimbulkan kebencian, email yang dikirim berulang-ulang (mail bomb) dan spam.
- LUNANET akan mengambil tindakan menutup atau menonaktifkan Akun Pelanggan yang terbukti melakukan pelanggaran seperti diatas secara sepihak tanpa ada pemberitahuan.
- LUNANET tidak menganjurkan Akun Hosting digunakan sebagai Mail Hosting dan diakses dalam jumlah yang besar, karena akan membebani Load Server. Jika ingin menggunakan Mail secara maksimal LUNANET menganjurkan menggunakan layanan Email Hosting khusus atau layanan Cloud / Dedicated Server khusus Email.
- Jumlah pengiriman dan penerimaan Email dibatasi pada masing-masing layanan, dan tercantum pada detail paket layanan yang digunakan oleh Pelanggan.
Lalu Lintas Data (Traffic)
- LUNANET menyediakan lalu lintas data sesuai dengan batas yang telah ditentukan untuk setiap layanan. Jika Pelanggan telah menggunakan lalu lintas data melampaui batas yang telah ditentukan maka akun Pelanggan atas layanan tersebut akan dihentikan (suspend). Kemudian, Pelanggan akan disarankan untuk melakukan upgrade pada paket atau layanan yang lebih tinggi.
- Lalu lintas data di LUNANET tidak bersifat akumulasi.
- LUNANET tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari tuntutan ganti rugi atas kesalahan pengiriman data atau lambatnya lalu lintas data.
Penangguhan (Suspend) dan Pemberhentian (Terminate)
Pelanggan setuju untuk mematuhi Ketentuan Layanan ini. Segala bentuk pelanggaran, baik terhadap ketentuan maupun aturan lain: peraturan dan kebijakan dibawah, yang mana dapat menjadi alasan LUNANET untuk melakukan penangguhan atau menghentikan akun Pelanggan.
Pelanggan menyetujui LUNANET memiliki hak dengan atau tanpa pemberitahuan, menangguhkan atau menghentikan akun Pelanggan setelah kejadian pertama atau berikutnya dari salah satu hal berikut:
- Menggunakan layanan dengan cara yang merupakan pelanggaran peraturan yang berlaku secara hukum, perintah pengadilan, tarif, peraturan, atau perjanjian (termasuk, namun tidak terbatas pada, kekayaan intelektual, komunikasi, privasi, pidana, dan hukum internasional).
- Menggunakan layanan dengan cara yang dimaksudkan untuk menyalahgunakan atau melanggar privasi atau hak milik orang lain.
- Terlibat dalam pelecehan, baik melalui bahasa, frekuensi atau ukuran pesan, baik menggunakan email maupun konten situs.
- Membantu secara langsung atau tidak langsung dalam menyebarluaskan materi yang memiliki hak cipta secara ilegal.
- Menggunakan layanan dalam usaha untuk menembus keamanan jaringan komputer manapun (termasuk layanan itu sendiri), untuk mengakses akun, pesan, atau data yang bukan milik Pelanggan.
- Menggunakan layanan sedemikian rupa untuk melakukan pemalsuan atau merepresentasikan ulang header, alamat, identitas lain pada email atau situs web, dan menggunakan cara lain untuk menyamarkan identitas atau lokasi pengirim.
- Mengunggah, menghubungkan, atau menyimpan warez, crack, atau software bajakan lain.
- Memberikan data kontak palsu atau tidak lengkap, termasuk nama, alamat pos, dan nomor telepon.
- Menggunakan layanan untuk menjalankan program server, termasuk namun tidak terbatas pada, server mail, server IRC, server game, server FTP, server Web, atau server audio/video streaming.
- Menggunakan layanan untuk melakukan mail bomb, termasuk kasus dimana beberapa pesan dikirim ke satu tujuan dengan tujuan tertentu dengan tujuan membuat penerima dan/atau sistem elektronik yang melayani penerima tersebut mengalami gangguan.
- Menggunakan layanan untuk menambahkan atau usaha menambahkan alamat ke mailing list apa saja (milik Pelanggan atau pihak ketiga) tanpa izin yang benar-benar jelas dari pemilik alamat tersebut.
- Mencoba membatalkan, menggantikan, atau mengganggu dengan email yang bukan milik Pelanggan sendiri.
- Menggunakan Layanan untuk relay tidak resmi melalui sistem pihak ketiga.
- Mencoba mengganggu dengan cara apapun atau menolak layanan kepada pengguna atau host di internet.
- Melakukan chargeback pada setiap transaksi yang sudah berlalu atau pada masa sekarang yang mana akan menyebabkan penundaan akun sampai terselesaikan. Jika chargeback terjadi, LUNANET berhak untuk menghapus akun Pelanggan tanpa memperhatikan bisnis yang akan datang
- Berlebihan dalam menggunakan layanan sedemikian rupa sehingga membatasi bandwidth yang tersedia untuk pelanggan lain.
- Menggunakan Layanan untuk melakukan serangan flooding / DDOS, yang didefinisikan sebagai tindakan pembebanan berlebih terhadap sistem komputer penerima dengan mengirimkan sejumlah besar data palsu yang mengganggu atau menonaktifkan fungsi sistem penerima, atau dengan metode serangan penolakan layanan yang lain.
- Memberikan data palsu pada formulir pendaftaran Pelanggan, kontrak, atau pendaftaran online pada layanan LUNANET, termasuk memberikan kartu kredit curian atau informasi pembayaran lain yang tidak sah.
- Tidak ada tagihan kredit yang diberikan (refund) dalam periode penangguhan. Dalam kasus penghentian penggunaan layanan Pelanggan, LUNANET dengan kebijakannya sendiri dapat mempertahankan setiap jumlah yang telah Pelanggan bayarkan untuk penggunaan layanan sebagai penutup kerusakan tindakan Pelanggan.
- Pelanggan setuju untuk tidak mengakses atau mencoba mengakses area privasi layanan.
- Pelanggan setuju untuk memberitahukan LUNANET begitu Pelanggan menyadari adanya penyalahgunaan akun Pelanggan dan/atau pelanggaran atau percobaan pelanggaran pada keamanan Layanan.
- LUNANET tidak berkewajiban memeriksa atau melihat pesan, file, atau konten lain, yang dapat diakses melalui, melewati, atau berada dalam layanan. Pengaduan mengenai dugaan pelanggaran hak cipta dapat dikirimkan melalui email ke helpdesk@lunanet.id.
- LUNANET akan melakukan penaguhan (suspend) otomatis pada semua layanan yang terdeteksi virus, penyalahgunaan atau abuse dan resource berlebih, hal ini LUNANET lakukan untuk menjaga keamanan dan kestabilan pada layanan.
- Jika Anti-Virus yang dimiliki pada server LUNANET mendeteksi adanya Virus seperti PHPSHELL, Trojan, PHP.HIDE, Heuristic.HTML.Dropper dsb yang berada pada server LUNANET, maka sistem akan melakukan penaguhan (suspend) otomatis dengan alasan Virus Detected
- Terkait pelanggaran kebijakan layanan yang berat atau dilakukan dengan berulang-ulang termasuk Melakukan DDOS, port scanning, sniffing, dan exploit system, botnet/trojan dan aktifitas hacking/cracking lainnya, maka pihak LUNANET berhak melakukan penangguhan (suspend) bahkan pemberhentian (terminate) pada layanan tersebut tanpa memberikan peringatan sebelumnya pada pelanggan.
- Menggunakan dan menampilkan layanan untuk kegiatan seperti permainan judi, taruhan, dan sejenisnya serta berlaku baik berkaitan dengan isi maupun link (tautan) referensi yang menampilkan situs tersebut.
- Akun Hosting yang mengalami Deface Site akan LUNANET suspend untuk mengantisipasi adanya Script yang digunakan untuk tindakan hacking pada akun hosting tersebut.
- Layanan akan secara otomatis dilakukan suspend jika terjadi keterlambatan pembayaran setelah 1 hari.
- Layanan akan secara otomatis menghapus data pada layanan jika keterlambatan sudah melewati 30 hari dan untuk layanan self services akan dilakukan penghapusan setelah layanan tidak dilakukan perpanjangan selama 14 hari
- Layanan yang sudah terkena suspend dikarenakan keterlambatan pembayaran tidak bisa diaktifkan dengan alasan apapun kecuali pengguna melakukan perpanjangan pembayaran terlebih dahulu.
LUNANET berhak memutuskan kontrak dan memberhentikan layanan secara sepihak apabila pelanggan melakukan etika buruk atau tindakan yang tidak sopan / tidak berprikemanusiaan secara berlebihan, melampaui batas-batas kesopanan atau dengan sengaja mencemarkan nama baik PT Luna Media Solusi di media massa, media sosial, mailing list, forum atau sejenisnya.
Dan LUNANET berhak memutuskan kontrak dan memberhentikan layanan secara sepihak apabila pelanggan terbukti melanggar peraturan dan ketentuan layanan di PT Luna Media Solusi atau melanggar peraturan dan/atau hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Service Level Agreement (SLA)
- Service Level Agreement (SLA) adalah tingkat pelayanan atau kinerja yang diharapkan atau dijanjikan oleh LUNANET kepada pelanggan.
- Nilai SLA pada setiap layanan LUNANET berbeda-beda dan informasi SLA tersedia pada deskripsi / keterangan layanan yang pelanggan pesan.
- SLA berlaku bagi pelanggan yang terdaftar di layanan LUNANET.
- SLA berlaku jika terjadi kegagalan fungsi pada jaringan, sistem, software atau aplikasi yang LUNANET pergunakan.
- SLA tidak termasuk pada layanan Domain, Software Lisensi dan layanan yang disediakan oleh mitra bisnis LUNANET.
- SLA tidak berlaku jika layanan sedang dilakukan Maintenance Internal, termasuk Maintenance dari pihak Data Center dan upstream, termasuk gangguan yang terjadi pada Data Center dan upstream.
- SLA tidak berlaku jika sedang terjadi bencana alam, kebakaran dan atau force majeure.
- Restirusi tidak diberikan jika terjadi gangguan dibawah waktu yang telah ditentukan.
- Restitusi diberikan jika layanan down melebihi waktu yang telah ditentukan.
- Pemberian Restitusi dilakukan maksimal 1 bulan setelah terjadinya gangguan.
- Pemberian restitusi diberikan melalui reduksi / mengurangi dari tagihan berikutnya, mengikuti rumus berikut:
Rumus Perhitungan Ketersediaan Layanan
SA % = [(NH – M– DT) / (NH – M)] x 100%
SA: Ketersediaan layanan
NH: Jumlah jam dalam total periode berjalan
M: Jumlah jam pelaksanaan maintenance)
DT: Jumlah jam terjadinya putus layanan
Rumus Perhitungan Restitusi
R = (SLA – SA)% x MF
R: Nilai Restitusi diberikan apabila R>0 dan tidak diberikan apabila R<0
SA: Nilai Ketersediaan layanan (mengikut rumus diatas)
MF: Biaya Rutin layanan
Backup / Cadangan
- Pelanggan berkewajiban melakukan backup data secara mandiri demi keamanan data.
- User yang memerlukan layanan backup, disarankan berlangganan layanan backup yang disediakan terpisah.
- LUNANET menyediakan backup data, sistem dan jaringan untuk seluruh layanan LUNANET.
- Pelanggan dapat menanyakan layanan backup yang tersedia ke email support@lunanet.id.
- Kerugian dan / atau kerusakan pada layanan tidak menjadi tanggung jawab LUNANET atau dibebaskan dari tuntunan ganti rugi atas kehilangan data dari layanan yang dipergunakan.
Kegiatan Operasional
Seluruh layanan yang disediakan oleh LUNANET dapat di akses selama 24/7, dan Tim Helpdesk dan Support LUNANET bekerja selama 24/7 untuk membantu Pelanggan dalam memenuhi kebutuhan layanan yang digunakan oleh Pelanggan.
Pelanggan dapat menghubungi tim Helpdesk dan Support LUNANET melalui Live Chat yang tersedia di website, email support@lunanet.id.
Sedangkan untuk Divisi lainnya bekerja pada jam operasional normal (hari kerja) atau dari hari Senin – Jumat dari jam 09:00 – 17:00 WIB, kecuali hari libur.
Pembatalan Penaguhan (Unsuspend)
LUNANET akan melakukan Pembatalan Penangguhan (unsuspend) jika Pelanggan telah bersedia mengikuti peraturan dan ketetentuan yang LUNANET berikan, namun tidak terbatas pada ketentuan berikut:
- Apabila Pelanggan mengirimkan Email atau Tiket kepada LUNANET dan LUNANET akan menginformasikan kepada Pelanggan untuk penanggulangannya atas penangguhan yang terjadi.
- Apabila Pelanggan telah membayarkan tagihan yang telah melewati jatuh tempo.
Marketing dan Promosi
Pelanggan menyetujui untuk dilakukan pengiriman email berupa konten marketing danpromo, informasi berupa artikel atau konten dan invoice untuk tagihan dari LUNANET dengan jangka waktu yang tidak terbatas atau selama email Pelanggan terdaftar aktif pada layanan LUNANET.
Kebijakan Privasi
LUNANET akan berkomitment dan menjaga privasi data Pelanggan, dan tertuang detail pada halaman Kebijakan Privasi.
Kebijakan Refund / Pengembalian Dana
Refund atau pengembalian dana atas alasan apapun tidak dapat dilakukan tanpa melakukan konfirmasi melalui email ke finance@lunanet.id.
Proses refund dapat dilakukan hanya untuk Layanan yang aktif kurang dari 14 (empat belas) hari. Dan pelanggan wajib melampirkan bukti pembayaran atas Layanan yang akan dilakukan Refund. Lama proses refund akan membutuhkan waktu 5-10 hari kerja.
Setelah dilakukan refund terhadap pembayaran langganan yang dibatalkan maka, LUNANET tidak lagi memiliki kewajiban untuk memberikan layanan tersebut kepada pelanggan.
Perselisihan
Pelanggan menyetujui bahwa segala perselisihan antara Pelanggan dan LUNANET yang timbul karena penggunaan layanan oleh Pelanggan dalam segala cara berdasarkan ikatan Pelanggan sebagai pelanggan, dan/atau penggunaan Layanan yang tidak dapat diselesaikan antara Pelanggan dan LUNANET, akan didaftarkan oleh pihak yang dirugikan untuk mengikat arbitrase di bawah naungan hukum Indonesia.
PT Luna Media Solusi berhak menuntut ganti rugi atas tindakan pelanggaran dan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh pelanggan.
Perubahan
Ketentuan Layanan ini dapat diubah dalam bentuk apa saja dan kapan saja oleh LUNANET dengan memberitahukan informasi perubahan melalui website LUNANET dan / atau mengirimkan Email ke pelanggan. Penggunaan Layanan yang tetap Pelanggan lakukan secara berlanjut, maka akan dianggap setuju terhadap perubahan tersebut. Jika Pelanggan tidak ingin melanjutkan menggunakan Layanan LUNANET karena perubahan tersebut, Pelanggan dapat melakukan permintaan untuk mengakhiri penggunaan layanan LUNANET.